Welcome to My Website

Internet-an Mudah dengan Wimax

Diposting oleh Gambar Bangunan Selasa, 10 November 2009

Siapa yang tidak mengenal Wifi. Sebuah teknologi komunikasi nirkabel yang saat ini sangat populer dikalangan masyarakat, karena merupakan media yang paling ekonomis untuk mendapatkan koneksi internet secara gratis. Namun, siapa sangka jika Wifi sebentar lagi akan digantikan dengan kehadiran Wimax yang dinilai lebih sempurna. Wimax hadir sebagai solusi dari keterbatasan teknologi Wifi yang awalnya dirancang untuk pemakaian dalam ruangan. Wifi (Wireless Fidelity) merupakan teknologi komunikasi yang membuat kita dapat mengakses internet dengan memberikan layanan data dengan kecepatan hanya 54 Mbps dalam radius 30 meter. Sampai saat ini Wifi beroperasi secara unlicensed band, karena itu teknologi ini dapat dioperasikan secara bebas oleh siapapun, seperti perusahaan, kafe-kafe sampai perorangan dirumah.
Jika kita bandingkan dengan Wimax (Worldwide Interoperatibility for Microwave Access), Wifi jelas kalah jauh. Wimax dirancang untuk penggunaan luar ruangan yang dapat memberikan akses internet dengan kecepatan data hingga 75 Mbps dalam radius 50 km. Meskipun operator-operator yang mengoperasikannya harus memiliki license band khusus. Teknologi ini sendiri, telah menggunakan gelombang mikro yang fleksibel, sehingga tidak terpengaruh oleh berbagai halangan-halangan, seperti pohon-pohon yang tinggi ataupun tembok.Wimax disebut-sebut sebagai sebuah teknologi masa depan, karena merupakan cikal bakal teknologi komunikasi masa datang yang sejajar dengan teknologi generasi ke-empat (4G). Wimax memang merupakan teknologi broadband yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dan jangkauan yang sangat luas. Ia merupakan evolusi dari teknologi Broadband Wireless Access sebelumnya dengan berbagai fitur yang jauh lebih menarik.Dengan menggunakan Wimax, kita dapat mengakses internet dimana saja dan kapan saja, seperti kita sedang menggunakan ponsel. Wimax sendiri dengan jangkauannya yang begitu luas mampu untuk melayani masyarakat satu kota dengan hanya menggunakan satu antena saja.
Teknologi Wimax memiliki dua jenis layanan, yang pertama adalah layanan fixed Wimax yaitu layanan akses internet yang merupakan pengembangan dari sistem Wifi. Keterbatasan yang dimiliki Wifi mampu untuk disempurnakan melalui sistem ini terutama dalam hal jangkauan, kualitas dan juga garansi layanannya. Sedangkan yang kedua adalah layanan mobile Wimax yang dikembangkan untuk dapat mengimbangi teknologi seluler seperti GSM, CDMA, maupun teknologi 3G.Kelebihan yang dimiliki teknologi ini, sebenarnya terletak pada konfigurasi sistem yang jauh lebih sederhana dengan kemampuan pengiriman datanya yang cukup tinggi. Oleh karena itu, Wimax sangat mungkin jika dioperasikan oleh operator-operator baru atau service provider skala kecil. Walaupun begitu, sampai saat ini kemampuan mobilisasi dari mobile Wimax masih jauh berada di bawah kemampuan teknologi seluler.Standar Wimax didesain sehingga memberikan framework yang sama untuk koneksi nirkabel dalam lingkungan yang fixed, portable atau mobile. Pada aplikasi mobile, pengguna Wimax menggunakan terminal seperti saat menggunakan Wifi. Jadi kita dapat menggunakan peralatan seperti notebook, PDA dan telepon seluler. Pemanfaatan Wimax sama dengan pemanfaatan Wifi. Sebuah terminal dapat mendeteksi jaringan Wimax dan juga Wifi, sehingga pengguna bisa memilih untuk menggunakan jaringan yang mana. Saat ini, sudah bermunculan produk notebook dan ponsel yang mendukung teknologi Wimax, misalnya Nokia 810 dan Samsung SPH-P9000.
Sistem kerja MAC (Media Access Control) yang ada pada Data Link Layer adalah connection oriented, sehingga memungkinkan penggunanya melakukan komunikasi berbentuk video. Siapa yang tidak mau ber-internet murah, mudah dan juga nyaman dengan kualitas broadband tanpa harus repot. Anda tinggal memasang PCI card yang kompatibel dengan standar Wimax atau tinggal membeli PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association) yang telah mendukung komunikasi dnegan Wimax. Atau mungkin Anda tinggal membeli antena portabel dengan interface ethernet yang bisa dibawa kemanapun untuk mendapatkan koneksi internet dari BTS untuk fixed wireless.Teknologi Wimax yang berkecepatan transfer data yang tinggi dan nirkabel, membuat biaya pemasangannya menjadi lebih murah dibandingkan dengan teknologi lain yang memerlukan pemasangan fiber optik. Namun, teknologi ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Beberapa kelebihan Wimax :
1.Dapat menyediakan konektivitas internet bagi masyarakat satu kota Area jangkauannya hingga 50 km, lebih luas daripada Wifi yang hanya 30 m Dibuat terutama untuk mengakses internet secara outdoor Kecepatan data mencapai 70 Mbps, lebih tinggi dari Wifi yang hanya 54 Mbps Teknologi ini menggunakan gelombang mikro yang lebih fleksibel, sehingga tidak terpengaruh oleh halangan-halangan.
2.Pembangunan infrastrukturnya jauh lebih cepat dan lebih murah daripada akses broadband
Mampu membantu masyarakat menjadi melek internet Membantu negara-negara berkembang untuk memenuhi tuntutan program Millenium Development Goals Akan menjadi pelengkap dan juga penantang baru bagi teknologi wireless saat ini, Target pasar baru bagi perusahaan yang menggeluti bidang nirkabel
3.Dengan hadirnya Wimax pengguna mendapat banyak pilihan dalam berinternet Memiliki banyak fitur yang belum tersedia pada teknologi Wifi

Beberapa kekurangan Wimax :
Harga layanan saat ini masih mahal, tidak seperti teknologi seluler Terlalu banyak jenis perangkat yang belum saling kompatibel satu sama lain Dibutuhkan pengalaman untuk memasang perangkatnya, Kesulitannya bagi Indonesia adalah perangkat peraturannya yang belum siap untuk mengadaptasi teknologi ini Sampai saat ini, wimax belum dapat mengantarkan data suara, walaupun nantinya Wimax dapat melakukannya melalui VoIP dengan bantuan program SkypeApa dampak yang ditimbulkan oleh kehadiran Wimax berdasarkan sifatnya sebagai sebuah perangkat teknologi komunikasi baru ?

1. Dari segi interactivity
Wimax jelas akan mempermudah kita untuk mengakses internet, dimanapun dan kapanpun juga yang disebabkan oleh jangkauan yang luas dari teknologi ini. Dengan begitu, maka angka penggunaan internet dapat dipastikan akan mengalami peningkatan yang signifikan. Jadi secara otomatis, interaksi kita sebagai user dengan mesin (notebook, PDA, telepon seluler) juga akan mengalami peningkatan, karena kemudahan yang diberikan oleh teknologi Wimax itu sendiri.
2. Dari segi Demassified
Hadirnya teknologi Wimax menambah daftar pilihan bagi user untuk melakukan koneksi internet. Pengguna semakin dapat memilih media mana yang dinilainya paling cocok dan sesuai dengan kebutuhannya. Secara otomatis, hal tersebut akan mendongkrak keaktifan khalayak secara individual dalam membuat pilihannya untuk menentukan media mana yang dikehendakinya, apakah itu Wimax atau media-media kkonvensional seperti televisi, surat kabar atau radio.
3. Dari segi Asynchoronous
Koneksi internet yang diberikan Wimax, selain dapat digunakan untuk mencari informasi, juga dapat digunakan untuk broadcast video, e-mail, e-commerce, komunikasi suara dengan VoIP telephony, televisi secara woreless yang menggunakan sistem televisi biasa hanya saja dalam bentuk digital. Aapalagi Wimax telah memberikan kita kemudahan untuk mengakses internet. Hal itu jelas mempermudah akses kita sebagai user terhadap media. Kita dapat mengakses media yang kita kehendaki, kapanpun kita mau dan dalam keadaan apapun juga. Kita tidak perlu menunggu informasi yang hadir melalui siaran televisi konvensional, tetapi kita dapat langsung mengaksesnya secara on-line.

0 komentar

Posting Komentar

Comment: