Welcome to My Website

Internet-an Mudah dengan Wimax

Diposting oleh Gambar Bangunan Selasa, 10 November 2009 0 komentar

Siapa yang tidak mengenal Wifi. Sebuah teknologi komunikasi nirkabel yang saat ini sangat populer dikalangan masyarakat, karena merupakan media yang paling ekonomis untuk mendapatkan koneksi internet secara gratis. Namun, siapa sangka jika Wifi sebentar lagi akan digantikan dengan kehadiran Wimax yang dinilai lebih sempurna. Wimax hadir sebagai solusi dari keterbatasan teknologi Wifi yang awalnya dirancang untuk pemakaian dalam ruangan. Wifi (Wireless Fidelity) merupakan teknologi komunikasi yang membuat kita dapat mengakses internet dengan memberikan layanan data dengan kecepatan hanya 54 Mbps dalam radius 30 meter. Sampai saat ini Wifi beroperasi secara unlicensed band, karena itu teknologi ini dapat dioperasikan secara bebas oleh siapapun, seperti perusahaan, kafe-kafe sampai perorangan dirumah.
Jika kita bandingkan dengan Wimax (Worldwide Interoperatibility for Microwave Access), Wifi jelas kalah jauh. Wimax dirancang untuk penggunaan luar ruangan yang dapat memberikan akses internet dengan kecepatan data hingga 75 Mbps dalam radius 50 km. Meskipun operator-operator yang mengoperasikannya harus memiliki license band khusus. Teknologi ini sendiri, telah menggunakan gelombang mikro yang fleksibel, sehingga tidak terpengaruh oleh berbagai halangan-halangan, seperti pohon-pohon yang tinggi ataupun tembok.Wimax disebut-sebut sebagai sebuah teknologi masa depan, karena merupakan cikal bakal teknologi komunikasi masa datang yang sejajar dengan teknologi generasi ke-empat (4G). Wimax memang merupakan teknologi broadband yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dan jangkauan yang sangat luas. Ia merupakan evolusi dari teknologi Broadband Wireless Access sebelumnya dengan berbagai fitur yang jauh lebih menarik.Dengan menggunakan Wimax, kita dapat mengakses internet dimana saja dan kapan saja, seperti kita sedang menggunakan ponsel. Wimax sendiri dengan jangkauannya yang begitu luas mampu untuk melayani masyarakat satu kota dengan hanya menggunakan satu antena saja.
Teknologi Wimax memiliki dua jenis layanan, yang pertama adalah layanan fixed Wimax yaitu layanan akses internet yang merupakan pengembangan dari sistem Wifi. Keterbatasan yang dimiliki Wifi mampu untuk disempurnakan melalui sistem ini terutama dalam hal jangkauan, kualitas dan juga garansi layanannya. Sedangkan yang kedua adalah layanan mobile Wimax yang dikembangkan untuk dapat mengimbangi teknologi seluler seperti GSM, CDMA, maupun teknologi 3G.Kelebihan yang dimiliki teknologi ini, sebenarnya terletak pada konfigurasi sistem yang jauh lebih sederhana dengan kemampuan pengiriman datanya yang cukup tinggi. Oleh karena itu, Wimax sangat mungkin jika dioperasikan oleh operator-operator baru atau service provider skala kecil. Walaupun begitu, sampai saat ini kemampuan mobilisasi dari mobile Wimax masih jauh berada di bawah kemampuan teknologi seluler.Standar Wimax didesain sehingga memberikan framework yang sama untuk koneksi nirkabel dalam lingkungan yang fixed, portable atau mobile. Pada aplikasi mobile, pengguna Wimax menggunakan terminal seperti saat menggunakan Wifi. Jadi kita dapat menggunakan peralatan seperti notebook, PDA dan telepon seluler. Pemanfaatan Wimax sama dengan pemanfaatan Wifi. Sebuah terminal dapat mendeteksi jaringan Wimax dan juga Wifi, sehingga pengguna bisa memilih untuk menggunakan jaringan yang mana. Saat ini, sudah bermunculan produk notebook dan ponsel yang mendukung teknologi Wimax, misalnya Nokia 810 dan Samsung SPH-P9000.
Sistem kerja MAC (Media Access Control) yang ada pada Data Link Layer adalah connection oriented, sehingga memungkinkan penggunanya melakukan komunikasi berbentuk video. Siapa yang tidak mau ber-internet murah, mudah dan juga nyaman dengan kualitas broadband tanpa harus repot. Anda tinggal memasang PCI card yang kompatibel dengan standar Wimax atau tinggal membeli PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association) yang telah mendukung komunikasi dnegan Wimax. Atau mungkin Anda tinggal membeli antena portabel dengan interface ethernet yang bisa dibawa kemanapun untuk mendapatkan koneksi internet dari BTS untuk fixed wireless.Teknologi Wimax yang berkecepatan transfer data yang tinggi dan nirkabel, membuat biaya pemasangannya menjadi lebih murah dibandingkan dengan teknologi lain yang memerlukan pemasangan fiber optik. Namun, teknologi ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Beberapa kelebihan Wimax :
1.Dapat menyediakan konektivitas internet bagi masyarakat satu kota Area jangkauannya hingga 50 km, lebih luas daripada Wifi yang hanya 30 m Dibuat terutama untuk mengakses internet secara outdoor Kecepatan data mencapai 70 Mbps, lebih tinggi dari Wifi yang hanya 54 Mbps Teknologi ini menggunakan gelombang mikro yang lebih fleksibel, sehingga tidak terpengaruh oleh halangan-halangan.
2.Pembangunan infrastrukturnya jauh lebih cepat dan lebih murah daripada akses broadband
Mampu membantu masyarakat menjadi melek internet Membantu negara-negara berkembang untuk memenuhi tuntutan program Millenium Development Goals Akan menjadi pelengkap dan juga penantang baru bagi teknologi wireless saat ini, Target pasar baru bagi perusahaan yang menggeluti bidang nirkabel
3.Dengan hadirnya Wimax pengguna mendapat banyak pilihan dalam berinternet Memiliki banyak fitur yang belum tersedia pada teknologi Wifi

Beberapa kekurangan Wimax :
Harga layanan saat ini masih mahal, tidak seperti teknologi seluler Terlalu banyak jenis perangkat yang belum saling kompatibel satu sama lain Dibutuhkan pengalaman untuk memasang perangkatnya, Kesulitannya bagi Indonesia adalah perangkat peraturannya yang belum siap untuk mengadaptasi teknologi ini Sampai saat ini, wimax belum dapat mengantarkan data suara, walaupun nantinya Wimax dapat melakukannya melalui VoIP dengan bantuan program SkypeApa dampak yang ditimbulkan oleh kehadiran Wimax berdasarkan sifatnya sebagai sebuah perangkat teknologi komunikasi baru ?

1. Dari segi interactivity
Wimax jelas akan mempermudah kita untuk mengakses internet, dimanapun dan kapanpun juga yang disebabkan oleh jangkauan yang luas dari teknologi ini. Dengan begitu, maka angka penggunaan internet dapat dipastikan akan mengalami peningkatan yang signifikan. Jadi secara otomatis, interaksi kita sebagai user dengan mesin (notebook, PDA, telepon seluler) juga akan mengalami peningkatan, karena kemudahan yang diberikan oleh teknologi Wimax itu sendiri.
2. Dari segi Demassified
Hadirnya teknologi Wimax menambah daftar pilihan bagi user untuk melakukan koneksi internet. Pengguna semakin dapat memilih media mana yang dinilainya paling cocok dan sesuai dengan kebutuhannya. Secara otomatis, hal tersebut akan mendongkrak keaktifan khalayak secara individual dalam membuat pilihannya untuk menentukan media mana yang dikehendakinya, apakah itu Wimax atau media-media kkonvensional seperti televisi, surat kabar atau radio.
3. Dari segi Asynchoronous
Koneksi internet yang diberikan Wimax, selain dapat digunakan untuk mencari informasi, juga dapat digunakan untuk broadcast video, e-mail, e-commerce, komunikasi suara dengan VoIP telephony, televisi secara woreless yang menggunakan sistem televisi biasa hanya saja dalam bentuk digital. Aapalagi Wimax telah memberikan kita kemudahan untuk mengakses internet. Hal itu jelas mempermudah akses kita sebagai user terhadap media. Kita dapat mengakses media yang kita kehendaki, kapanpun kita mau dan dalam keadaan apapun juga. Kita tidak perlu menunggu informasi yang hadir melalui siaran televisi konvensional, tetapi kita dapat langsung mengaksesnya secara on-line.

Teknologi Jaringan WiMAX

Diposting oleh Gambar Bangunan 0 komentar

Broadband Wireless Access (BWA) standar yang saat ini digunakan secara luas adalah standar yang dikeluarkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineering (IEEE). Salah satu produknya adalah standar IEEE 802.16 yangdirancang untuk digunakan sebagai air interface for fixed broadband access system atau dikenal sebagai IEEE Wireless Metropolitan Access Network (Wireless MAN) air interface. Pada perkembangan selanjutnya standar IEEE 802.16 ini dikembangkan menjadi beberapa varian yang setiap variannya memiliki keunggulan masing-masing pada penggunaanya atau kondisi tertentu. Beberapa varian dari standar IEEE 802.16 adalah 802.16a, 802.16rev.d, dan 802.16e untuk komunikasi bergerak. Pengembangan ini dilakukan oleh forum gabungan yang beranggotakan dari seluruh dunia dan disebut WiMAX Forum. Standar IEEE 802.16 adalah teknologi wireless yang bermaksud mengubah dengan cepat industri Broadband Wireless Access. Dengan teknologi BWA dapat memberikan banyak keuntungan dibandingkan dengan menggunakan jaringan kabel. Keuntungan menggunakam BWA antara lain pelayanannya lebih cepat, dapat dengan mudah diaplikasikan di area yang sulit untuk dijangkau wired infrastruktur, menurunkan biaya-biaya instalasi dan pemeliharaan, dan memiliki kemampuan fisik dari wired infrastruktur yang tradisional.

Struktur Dasar Jaringan WiMAX



Secara umum, sistem WiMAX tidak berbeda jauh dengan WLAN. Sistem WiMAX terdiri dari Base Station (BS), Subscriber Station (SS) dan server di belakang BS seperti Network Management System (NMS) serta transport site untuk koneksi ke jaringan. Untuk Subscriber Station (SS) terletak di lingkungan pelanggan, sedangkan Base Station (BS), NMS dan transport site biasanya satu lokasi dengan jaringan operator. Bagian transport site dapat berupa koneksi dengan jaringan IP berbasis ATM atau Ethernet. Interface dari SS ke BS menggunakan OFDM / Air Interface, dari BS – Gateway dan Gateway - Internet menggunakan 10/100 Base T atau E1 dan dari Gateway – PSTN menggunakan E1. Base Station (BS) merupakan perangkat transceiver (transmitter dan receiver) yang biasanya dipasang satu lokasi (colocated) dengan jaringan internet protocol. Dari BS ini akan disambungkan ke beberapa CPE dengan media interface gelombang radio (RF) yang mengikuti standar WiMAX. Antena yang dipakai di BS dapat berupa sektor 600, 900 atau 1200 tergantung dari area yang akan dilayani. Remote Stations atau CPE terdiri dari Outdor Unit (ODU) dan Indoor Unit (IDU), perangkat radionya ada yang terpisah dan ada yang terintegrasi dengan antena.

konfigurasi generik wimax.jpg




Standar WiMAX



Institute of Electrical and Electronic Engineering (IEEE) mendefinisikan teknologi WiMAX melalui standar 802.16. Standar ini dalam perkembangannya memiliki beberapa varian. Varian yang populer digunakan adalah :



• 802.16

Merupakan standar WiMAX yang pertama dikeluakan oleh IEEE, secara teknis memiliki kelebihan khusus dibanding dengan produk – produk BWA yang telah ada. 802.16 dirancang untuk untuk penggunaan komunikasi tetap atau Fixed Wireless Access (FWA)



• 802.16a Rev D

Dikeluarkan sebagai revisi dari 802.16 yang telah ada. Varian ini sudah mempunyai tambahan kemampuan antenna diversity dan sub-channelization, bekerja pada frekuensi yang lebih rendah yaitu 2-11 GHZ, menggunakan Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM), mampu untuk kondisi Non Line Of Sight (NLOS). Standar ini juga dirancang untuk penggunaan komunikasi tetap / FWA.



• 802.21e

Menggunakan Orthogonal Frequency Division Multi Access (OFDMA) yang memungkinkan akses lebih dari satu pengguna pada waktu yang sama. Standar 802.16e ini digunakan untuk komunikasi bergerak sehingga disebut juga Mobile WiMAX



perbandingan standar wimax.jpg




Aplikasi WiMAX



WiMAX merupakan teknologi wireless yang memiliki banyak kelebihan, terutama pada sisi kapasitasnya. Karena kelebihan tersebut, maka teknologi ini dapat diaplikasikan pada banyak aplikasi, antara lain :



• Aplikasi Backhaul



Untuk aplikasi backhaul, WiMAX dapat dimanfaatkan untuk Backhaul WiMAX itu sendiri, Backhaul Hotspot dan Backhaul teknologi lain, misalnya teknologi seluler.



o Backhaul WiMAX



Dalam konteks WiMAX sebagai backhaul dari WiMAX, fungsi utamanya sebagai repeater. Tujuan aplikasi ini adalah untuk memperluas jangkauan WiMAX.






aplikasi wimax sebagai backhaul wimax.jpg





o Backhaul Hotspot

WiMAX juga bisa dimanfaatkan sebagai bakhaul hotspot untuk teknologi WiFi. Konfigurasinya dapat dilihat sebagai berikut :






wimax sebagai backhaul hotspot.jpg




o Backhaul Teknologi Lain



Sebagai backhaul teknologi lain, WiMAX dapat digunakan untuk backhaul seluler. Gambar berikut menggambarkan WiMAX untuk menghubungkan MSC/BSC ke BTS seluler.






wimax sebagai backhaul seluler.jpg




Sebagai Penyedia Akses Broadband Untuk akses broadband WiMAX dapat digunakan sebagai ”Last Mile” teknologi untuk melayani kebutuhan broadband bagi pelanggan. Dari pelanggan perumahan maupun bisnis dapat dipenuhi oleh teknologi WiMAX ini.



aplikasi wimax untuk akses broadband.jpg




o Personal Broadband



WiMAX sebagai penyedia layanan personal broadband, dapat dibedakan menjadi 2 pangsa pasar yaitu yang bersifat nomadic dan mobile. Gambaran detailnya sebagai berikut:



o Nomadic



Untuk solusi nomadic, maka user WiMAX tidak berpindah-pindah dan bila melakukan perpindahan dalam kecepatan yang rendah dan jarak yang tidak jauh. Perangkat yang digunakan biasanya tidak sesimpel untuk aplikasi mobile.






wimax untuk aplikasi personal broadband nomadic.jpg



o Mobile

Untuk aplikasi mobile, maka user WiMAX layaknya menggunakan terminal WiFi seperti notebook, PDA, atau smartphone. Perpindahan atau tingkat mobilitasnya biasanya pada kecepatan tinggi dan jarak yang jauh. Gambar berikut mengilustrasikan WiMAX untuk aplikasi mobile.



wimax untuk aplikasi personal broadband mobile.jpg













ANALISIS EFEK IEEE 802.21 TERHADAP PERFORMANSI KOMUNIKASI MULTIMEDIA PADA JARINGAN WIMAX DAN WLAN



(IEEE 802.21 EFFECT ANALYSIS TOWARD MULTIMEDIA COMMUNICATION

ON WIMAX AND WLAN)

wiMAX

Diposting oleh Gambar Bangunan 0 komentar

Sistem Keamanan Pada Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX)

Standar 802.16 dikembangkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), yang disebut WirelessMANTM, memberikan perspektif baru dalam mengakses internet dengan kecepatan tinggi tanpa tergantung pada jaringan kabel atau modem. Tahun 2002 terbentuk forum Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX) yang mengacu pada standar 802.16 dan bertugas menginterkoneksikan berbagai standar teknis yang bersifat global menjadi satu kesatuan. Teknologi WiMAX lebih murah dibandingkan dengan teknologi broadband lain seperti digital subscriber line (DSL) atau kabel modem.

Kecepatan koneksi atau kemajuan teknologi yang baru bukan hanya aspek yang penting yang harus dievaluasi, tetapi keduanya merupakan fakta transmisi wireless yang tidak aman untuk berkomunikasi. Aspek keamanan merupakan hal yang sangat penting untuk teknologi broadband dalam mengakses informasi dariinternet . Dalam tulisan ini dibahas tentang perkembangan WiMAX, perbedaannya dengan WiFi, fitur-fitur yang ada serta sistem keamanan yang terdapat pada teknologi WirelessMANTM berdasarkan pada spesifikasistandar 802.16.

Standar IEEE 802.16 memberikan kemudahan dalam akses internet untuk area metropolitan dengan hanya mendirikan beberapa base station (BS) yang dapat meng-coverage jutaan subscriber (SS). Teknologi WiMAX merupakan solusi untuk kota atau daerah pedesaan yang belum berkembang dalam penyediaan aksesinternet. Enkripsi data yang digunakan berupa data encryption standar (DES) dan authentication pada setiap client/subscriber station (SS) yang sangat baik dengan sertifikat X.509 yang unik, handal dan dapat dipercaya ketangguhannya.

1. Pendahuluan
1.1 Pengertian WiMAX
Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX) merupakan standar industri yang bertugas menginterkoneksikan berbagai standar teknis yang bersifat global menjadi satu kesatuan. WiMAX dan WiFi dibedakan berdasarkan standar teknik yang bergabung didalamnya. WiFi menggabungkan standar IEEE 802.11 dengan ETSI HiperLAN yang merupakan standar teknis yang cocok untuk keperluan WLAN, sedangkan WiMAX merupakan penggabungan antara standar IEEE 802.16 dengan ETSI HiperMAN. Standar keluaran IEEE banyak digunakan secara luas di daerah asalnya, yaitu Eropa dan sekitarnya. Untuk dapat membuat teknologi ini digunakan secara global, maka diciptakan WiMAX.Standar global yang dipakai di dunia dapat digambarkan sebagai berikut.

Gambar 1 Standar-standar yang ada dengan spesifikasi yang mendukung komunikasi
sampai tingkat MAN disatukan dengan standar WiMAX

Kedua standar yang disatukan ini merupakan standar teknis yang memiliki spesifikasi yang sangat cocok untuk menyediakan koneksi berjenis broadband lewat media wireless atau broadband wireless access (BWA). Pada masa mendatang, segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi BWA kemungkinan akan diberi sertifikasi WiMAX. Standar WiMAX dibentuk oleh gabungangabungan industri perangkat wireless dan chip-chip komputer diseluruh dunia. Perusahaan besar ini bergabung dalam suatu forum kerja yang merumuskanstandar interkoneksi antar teknologi BWA yang mereka miliki pada produk-produknya.

1.2 Standar IEEE 802.16 (WiMAX)
Terobosan jaringan internet wireless sebentar lagi akan menjadi kenyataan. Dengan tower yang dipasang dipusat akses internet (hot spot) di tengah kota metropolitan, seorang pemakai laptop, komputer, handphone, hingga personal digital assistant (PDA), dengan wireless card bisa koneksi dengan internet, bahkan di tengah sawah atau pedesaan yang masih dalam cakupan area 50 kilometer. Hal ini dapat terjadi karena teknologi WiMAX yang menggunakanstandar baru IEEE 802.16. Saat ini WiFi menggunakan standar komunikasi IEEE 802.11. Yang paling banyak dipakai adalah IEEE 802.11b dengan kecepatan 11 Mbps, hanya mencapai cakupan area tidak lebih dari
ratusan meter saja. WiMAX merupakan saluran komunikasi radio yang memungkinkan terjadinya jalur internet dua arah dari jarak puluhan kilometer. Dengan memanfaatkan gelombang radio, teknologi ini bisa dipakai dengan frekuensi berbeda, sesuai dengan kondisi dan peraturan pemakaian frekuensi di negara user.

Pada awalnya standard IEEE 802.16 beroperasi ada frekuensi 10-66 GHz dan memerlukan tower line of sight, tetapi pengembangan IEEE 802.16a yang disahkan pada bulan Maret 2004, menggunakan frekuensi yang lebih rendah yaitu sebesar 2-11 GHz, sehingga mudah diatur, dan tidak memerlukan line-of-sight. Cakupan area yang dapat dicoverage sekitar 50 km dan kecepatan transfer data sebesar 70 Mbps. Pengguna tidak akan kesulitan dalam mengulur berbagai macam kabel, apalagi WiMAX mampu menangani sampai ribuan pengguna sekaligus. Prediksi perkembangan pemakai yang menggunakan WiMAX akan terus berkembang dari tahun ke tahun seperti terlihat pada Gambar 2 berikut ini.

Gambar 2 Grafik prediksi perkembangan penggunaan WiMAX
di berbagai benua dari tahun ke tahun

Intel akan mulai memasang antena luar ruangan WiMAX sebagai tahap pengembangan WiFi. Teknologi WiFi dan WiMAX akan saling melengkapi. WiFi untuk jangkauan jarak dekat di seputar kampus atau kantor sedangkan WiMAX untuk memfasilitasi sebuah kota dengan akses wirelessinternet. Pada akhirnya, diperkirakan hampir semua laptop, PDA, dan piranti information and communication technology (ICT) lainnya akan compatible dengan fitur WiFi dan WiMAX.

1.3 Keuntungan WiMAX
Ada beberapa keuntungan dengan adanya WiMAX, jika dibandiungkan dengan WiFi antara lain sebagai berikut:
1. Para produsen mikrolektronik akan mendapatkan lahan baru untuk dikerjakan, dengan membuat chip-chip yang lebih general yang dapat dipakai oleh banyak produsen perangkat wireless untuk membuat BWA-nya. Para produsen perangkat wireless tidak perlu mengembangkan solusi end-to-end bagi penggunanya, karena sudah tersediastandar yang jelas.
2. Operator telekomunikasi dapat menghemat investasi perangkat, karena kemampuan WIMAX dapat melayani pelanggannya dengan area yang lebih luas dan dengan kompatibilitas yang lebih tinggi.
3. Pengguna akhir akan mendapatkan banyak pilihan dalam berinternet. WiMAX merupakan salah satu teknologi yang dapat memudahkan kita untuk koneksi denganinternet secara mudah dan berkualitas.
4. Memiliki banyak fitur yang selama ini belum ada pada teknologi WiFi dengan standar IEEE 802.11. Standar IEEE 802.16 digabungkan dengan ETSI HiperMAN, maka dapat melayani pangsa pasar yang lebih luas.
5. Dari segi coverage-nya saja yang mencapai 50 kilometer maksimal, WiMAX sudah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi keberadaan wirelass MAN. Kemampuan untuk menghantarkan data dengan transfer rate yang tinggi dalam jarak jauh dan akan menutup semua celah broadband yang tidak dapat terjangkau oleh teknologi kabel dandigital subscriber line (DSL).
6. Dapat melayani para subscriber, baik yang berada pada posisi line of sight (LOS) maupun yang memungkinkan untuk tidak line of sight (NLOS).

WiMAX memang dirancang untuk melayani baik para pengguna yang memakai antenna tetap (fixed wireless) maupun untuk yang sering berpindah-pindah tempat (nomadic). WiMAX tidak hanya hanya dapat melayani para pengguna dengan antenna tetap saja misalnya pada gedunggedung diperkantoran, rumah tinggal, toko-toko dan sebagainya. Bagi para pengguna antenna indoor, notebook, PDA, PC yang sering berpindah tempat dan banyak lagi perangkat mobile lainnya memang telah kompatibel dengan denganstandar-standar yang dimilik WiMAX.

Perangkat WiMAX juga mempunyai ukuran kanal yang bersifat fleksibel, sehingga sebuah BTS dapat melayani lebih banyak pengguna dengan range spektrum frekuensi yang berbeda-beda. Dengan ukuran kanal spektrum yang dapat bervariasi ini, sebuah perangkat BTS dapat lebih fleksibel dalam melayani pengguna. Range spektrum teknologi WiMAX termasuk lebar, dengan didukung dengan pengaturan kanal yang fleksibel, maka para pengguna tetap dapat terkoneksi dengan BTS selama mereka berada dalam range operasi dari BTS. Fasilitas quality of service (QOS) juga diberikan oleh teknologi WiMAX ini. Sistem kerja media access control pada data link layer yang connection oriented memungkinkan digunakan untuk komunikasi video dan suara. Pemilikinternet service provider (ISP) juga dapat membuat berbagai macam produk yang dapat dijual dengan memanfaatkan fasilitas ini, seperti membedakan kualitas servis antara pengguna rumahan dengan pengguna tingkat perusahaan, membuat bandwidth yang bervariasi, fasilitas tambahan dan masih banyak lagi.

Gambar 3 Sebuah BTS WiMAX dapat digunakan sebagai
backhaul untuk titik-titik hotspot

Standar IEEE 802.16 merupakan keluaran dari organisasi IEEE, sama seperti IEEE 802.11 adalah standar yang dibuat khusus untuk mengatur komunikasi lewat media wireless. Yang membedakannya adalah WiMAX mempunyai tingkat kecepatan transfer data yang lebih tinggi dengan jarak yang lebih jauh, sehingga kualitas layanan dengan menggunakan komunikasi ini dapat digolongkan ke dalam kelas broadband. Standar ini sering disebut air interface for fixed broadband wireless access system atau interface udara untuk koneksi broadband.

Sebenarnya standarisasi IEEE 802.16 ini lebih banyak mengembangkan hal-hal yang bersifat teknis dari layer physical dan layer datalink (MAC) dari sistem komunikasi BWA. Versi awal dari standar 802.16 ini dikeluarkan oleh IEEE pada tahun 2002. Pada bersi awalini, perangkat 802.16 beroperasi dalam lebar frekuensi 10-66 GHz dengan jalur komunikasi antar perangkatnya secara line of sight (LOS). Bandwidth yang diberikan oleh teknologi ini sebesar 32-134 Mbps dalam area coverage maksimal 5 kilometer. Kapasitasnya dirancang mempu menampung ratusan pengguna setiap satu BTS. Dengan kemampuan semacam ini teknologi perangkat yang menggunakan standar 802.16 cocok digunakan sebagai penyedia koneksi broadband melalui media wireless. Perbedaan teknis antara IEEE 802.11 dengan IEEE 802.16 dapat dilihat pada Tabel 1 berikut ini.

Tabel 1 Perbedaan teknologi IEEE 802.11 dengan IEEE 802.16

1.4 Varian-Varian IEEE 802.16
Varian-varian WiMAX dimaksudkan untuk mengembangkan performance dan kemapuan dari teknologi yang digunakannya, agar menjadi lebih hebat dan dapat meluas penggunaannya. Untuk mengembangkan jangkauan dan daya jualnya, maka standar IEEE 802.16 direvisi menjadi IEEE 802.16a. Standar teknis IEEE 802.16a inilah yang banyak digunakan oleh perangkat-perangkat dengan sertifikasi WiMAX.

Selain IEEE 802.16a, varian lainnya adalah IEEE 802.16b yang banyak menekankan segala keperluan dan permasalahan dengan quality of service (QoS), IEEE 802.16c banyak menekankan pada interoperability dengan protokol-protokol lain, IEEE 802.16d merupakan revisi dari IEEE 802.16c ditambah dengan kemampuan untuk access point, serta IEEE 802.16d menekankan pada masalah mobilitas. Varian-varian standar IEEE 802.16 dapat dilihat pada Tabel 2 berikut ini.

Tabel 2 Varian-varian standar IEEE 802.16

Perubahan yang cukup signifikan pada standar IEEE 802.16 untuk membentuk varian IEEE 802.16a, adalah lebar frekuensi operasinya. Perbedaan ini dimaksudkan untuk mendukung komunikasi dalam kondisi line of sight (LOS), dan non line of sight (NLOS). Dengan adanya sistem NLOS, keterbatasan yang ada pada WiFi dapat dikurangi.

Perubahan yang sangat signifikan pada standar 802.16 untuk membentuk varian terletak pada lebar frekuensi operasinya. Standar 802.16 beroperasi pada range 10-66 GHz, sedangkan 802.16a menggunakan frekuensi yang lebih rendah, yaitu 2–11 GHz, sehingga memungkinkan komunikasi non line of sight (NLOS). Kelemahan dari komunikasi dengan frekuensi rendah ini adalah semakin kecil kapasitas bandwidth dari koneksi yang dilakukannya. Ukuran kanal-kanal frekuensi yang fleksibel dengan range yang lebar, merupakan keunggulan dari 802.16a. Aplikasi standar WiMAX untuk berbagai keperluan ditunjukkan pada Gambar dibawah ini.

Gambar 4 Teknologi WiMAX memungkinkan aplikasinya yang luas
untuk berbagai keperluan

Beberapa topologi dan pilihan backhauling telah didukung oleh teknologi WiMAX, antara lain saluran kabel backhauling (typically over Ethernet), dan koneksi point to point.

Pada Gambar 5 di bawah ini terlihat empat buah base station (BS) meng-coverage 4 sektor/kawasan, sebuah repeater sebagai pengumpulan (aggregation) sinyal yang akan dikirimkan ke wilayah pedesaan (rural area). Komunikasi antar base station (BS) dapat menggunakan wireless maupun optical fiber.

Gambar 5 Topologi WiMAX dalam area perkotaan dan pedesaan

Selain perubahan frekuensi operasi, pada layer physical dari standar IEEE 802.16a ditambahkan tiga spesifikasi baru untuk mendukung fitur NLOS-nya ini, yaitu single carrier PHY, 256 FFT OFDM PHY dan 2048 FFT OFDM PHY. Format sinyaling OFDM dipilih dalam standar ini dimaksudkan agar teknologi ini dapat bersaing dengan competitor utamanya yaitu teknologi CDMA, yang juga bekerja dalam sistem NLOS. Fitur-fitur lain yang ada pada standar IEEE 802.16a adalah sebagai berikut:
1. Untuk menghantarkan jaringan komunikasi yang berkualitas dengan jangkauan yang luas adalah lebar kanal frekuensi yang fleksibel.
2. Burst profile yang dapat beradaptasi (fasilitas burst adalah cirri khas dari teknologi (broadband).
3. Forwarding error correction (FEC) untuk mengoreksi jika terjadi kesalahan.
4. Advanced antenna system untuk meningkatkan wilayah jangkauan.
5. Kapasitas dan kekebalan terhadap interferensi dari sinyal lain.
6. Dynamic frequency selection (DFS), pemilihan frekuensi kanal secara dinamis dan juga berfungsi untuk mengurangi interferensi.
7. Space time coding (STC) yang akan meningkatkan performance dalam area batas pinggir dari sinyal yang dipancarkan oleh sebuah base station (BS).

Selain layer physical (PHY), standar ini juga menentukan seperangkat aturan yang berada pada layer data link (MAC). Standar ini digunakan untuk melayani pengguna dalam sistem point to multi point. Standar IEEE 802.16a menggunakan sistem slot koneksi yang ada dalam protokol time division multiple access (TDMA). Pengaturan slot koneksi ini diatur oleh BTS untuk melayani para pengguna yang ingin terkoneksi dengannya. Fitur-fitur physical layer (PHY) ditunjukkan pada Tabel 3.

Tabel 3 Fitur-fitur physical layer teknologi IEEE 802.16 WiMAX

Layer media access control (MAC) dari standar IEEE 802.16 ini didesain untuk dapat membawa dan mengakomodasi segala macam protokol di atasnya, seperti ATM, Ethernet atau internet protokol (IP). Fitur-fitur media access control layer ditunjukkan pada Tabel 4 berikut ini.

Tabel 4 Fitur-fitur MAC layer teknologi IEEE 802.16 WiMAX

2. Implikasi Keamanan Pada Teknologi Wirelessmantm (Standar Ieee 802.16)
2.1 Prinsip Kerja Teknologi WirelessMANTM
Teknologi WirelessMANTM / IEEE 802.16 / WiMAX dapat meng-cover area sekitar 50 kilometer, dimana ratusan pelanggan akan di-share sinyal dan kanal untuk mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 155 Mbps. Aspek keamanan merupakan aspek yang sangat penting dan akan dievaluasi oleh para pengguna internet dengan menggunakan fasilitas ADSL atau teknologi kabel modem maupun yang berlangganan dengan teknologi WiMAX.

Sistem pengamanan data dilakukan pada layer physical (PHY) dan data link layer (MAC) pada suatu arsitektur jaringan, tepatnya pada base station (BS) untuk didistribusikan ke wilayah sekelilingnya dan subscriber station (SS) untuk komunikasi point to multipoint. Base station (BS) dihubungkan secara langsung dengan jaringan umum (public network).

Secara umum WirelessMANTM traffic dibedakan menjadi tiga bagian, seperti berikut ini :
1. Pelanggan mengirimkan data dengan kecepatan 2 – 155 Mbps dari subscriber station (SS) ke base station (BS).
2. Base station akan menerima sinyal dari berbagai pelanggan dan mengirimkan pesan melalui wireless atau kabel ke switching center melalui protokol IEEE 802.16.
3. Switching center akan mengirimkan pesan ke internet service provider (ISP) atau public switched telephone network (PSTN).

Ketiga bagian tersebut di atas secara blok dapat dilihat pada Gambar 6 dibawah ini.

Gambar 6 Traffic yang terjadi pada WiMAX
Pada Gambar 6 di atas laptop dan desktop personal computer (PC) berfungsi sebagai subscriber station (SS), tower antenna beserta perangkatnya sebagai base station (BS) dan swithcing center sebagai pengatur pilihan koneksi ke internet service provider (ISP).

2.2 Ancaman Umum
Dalam teknologi WiMAX / WirelessMANTM, sebuah base station (BS) akan meng-coverage seluruh wilayah kota yang terdiri atas ratusan / jutaan pelanggan (subscriber). Semua pelanggan akan menggunakan media yang sama (sharing) berupa udara untuk mentransfer data.

Teknologi yang digunakan untuk komunikasi antara subscriber station (SS) dan base station (BS) menggunakan teknologi time division multiple access (TDMA). Untuk menjamin confidentiality data pada pelanggan maka pengiriman / penerimaan data dari subscriber station (SS) dan base station (BS) dienkripsi menggunakan X.509 yang disertifikasi oleh RSA. Ancaman yang umum pada pelanggan berdasarkan teknologi WirelessMANTM adalah sebagai berikut :
1. Pencurian sinyal atau layanan.
2. Pencurian data user.
3. Cloning.

Dalam standar IEEE 802.16 digunakan metode untuk meningkatkan keamanan yang berupa authentication, authorization dan encryption. Authentication yang digunakan pada subscriber station (SS) adalah X.509 dengan RSA public key cryptograpy standard (PKCS).

Authentication dan authorization pada subscriber station digunakan X.509 dengan kunci public untuk mengidentifikasi informasi, misalnya UserID, SS’s name dan lain sebagainya. Informasi ini akan terus teridentifikasi selama komunikasi antara subscriber station (SS) dan base station (BS) masih berlangsung. Encryption yang digunakan dalam standar IEEE 802.16 adalah 56-bit DES pada mode cyclic block chaining (CBC). Kesalahan yang terjadi pada cypertext tidak dipropagasikan ke dalam plaintext dengan menerapkan algoritma multiple encryption.

2.3 Subscriber Station (SS) Authentication dan Registrasi
Setiap subscriber station (SS) terdiri dari dua buah sertifikasi yaitu X.509 dan sertifikasi dari perusahaan. Sertifikasi yang menghubungkan antara 48-bit MAC SS dan dan kunci RSA dikirimkan dari base station ke subscriber station(SS) dalam bentuk authorization request(AR) dan authentication information (AI). Setelah berhasil melakukan proses authentication dan authorization maka subscriber station (SS) akan tercatat dalam jaringan dan subscriber akan menerima sebuah IP address dari server DHCP dan dapat mengakses WirelessMANTM.

2.4 Struktur Layer
Layer pertama adalah physical layer (PHY), jalur frekuensi, modulasi, teknik pengkoreksi
kesalahan, sinkronisasi antara pemancar dan penerima dan struktur time division multiplexing (TDM). Layer diatasnya berfungsi untuk menyediakan pelayanan kepada subscriber, misalnya transmisi data dalam frame, pengontrolan media akses, pengelompokan kedalam media access control (MAC). MAC bertanggung jawab tentang bagaimana dan kapan base station (BS) atau subscriber station (SS) mentransmisikan sinyal melalui kanal.

2.5 Privasi Sublayer
Privasi sublayer menyediakan sistem pengamanan data dengan enkripsi diantara base station (BS) dan subscriber station (SS). Base station (BS) memproteksi pengaksesan data dengan cara enkripsi pada seluruh jaringan. Dalam privasi sublayer dibedakan menjadi dua protokol sebagai berikut :
1. Enkapsulasi protokol yang akan bertanggung jawab terhadap data yang melewati jaringan broadband wireless access (BWA).
2. Protokol key management ( privacy key management or PKM) yang menyediakan keamanan distribusi antara base station(BS) dan subscriber station (SS).

2.6 Protokol Privacy Key Management (PKM)
Protokol privacy key management (PKM) digunakan untuk mengamankan data antara subscriber station dan base station. Pada saat subscriber station (SS) menginginkan login ke base station (BS), maka akan mengirimkan pesan authentication information (AI) ke base station (BS), seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Gambar 7 Proses authentication

Pesan ini terdiri dari kode SS’s yang unik berupa sertifikat X.509 yang dikeluarkan oleh
perusahaan SS’s. Setelah subscriber station (SS) memberikan identifikasi ke base station (BS), maka akan mengirimkan pesan authorization request (AR). Pesan request dari base station (BS) digunakan untuk menjamin akses data jaringan dan keamanan informasi yang didukung dengan adanya enkripsi data dari subscriber station (SS). Pada saat base station (BS) menerima pesan authentication information (AI) dan authorization request (AR), maka akan segera melakukan validasi identitas SS’s dan mengecek permintaan. Apabila permintaan diperbolehkan, maka base station (BS) akan mengeluarkan sebuah security association identity (SAID) dengan requesting SS dan sebuah authorization key (AK) yang telah dienkripsi dengan SS’s public key.

Pesan request dari base station (BS) digunakan untuk menjamin akses data jaringan dan keamanan informasi yang didukung dengan adanya enkripsi data dari subscriber station (SS). Pada saat base station (BS) menerima pesan authentication information (AI) dan authorization request (AR), maka akan segera melakukan validasi identitas SS’s dan mengecek permintaan. Apabila permintaan diperbolehkan, maka base station (BS) akan mengeluarkan sebuah security association identity (SAID) dengan requesting SS dan sebuah authorization key (AK) yang telah dienkripsi dengan SS’s public key.

Sebelum current key habis masa berlakunya, maka subscriber station (SS) mememinta lagi authorization yang baru dari base station (BS) untuk menghindari gangguan yang mungkin terjadi. Protokol PKM menyerupai model client server, dimana subscriber station (SS) adalah PKM client dan base station (BS) merupakan PKM server. Protokol PKM menggunakan kunci publik cryptograpy untuk membuat authorization antara subscriber station (SS) dan base station (BS).

2.7 Security Association (SA)
Protokol PKM berdasarkan konsep security association (SA). Security association (SA) merupakan seperangkat metode kriptografi dan asosiasi penyandian yang terdiri dari informasi tentang bagaimana penerapan suatu algoritma, bagaimana menggunakan penyandian dan lain sebagainya.

Setiap pelayanan memerlukan asosiasi keamanan. Untuk subscriber station (SS) menggunakan traffic encryption (TEK) state machine untuk setiap asosiasi keamanan. EK akan bertanggung jawab untuk memanajemen enkripsi lalu lintas data pada setiap pelayanan. Subscriber station (SS) akan mengirimkan key request ke base station (BS), dan base station (BS) akan mengirimkan jawaban secara random private key ke subscriber station (SS). Kunci ini dienkripsi menggunakan 3DES selama proses authorization.

Setelah dienkripsi menggunakan kunci private, maka semua data dienkripsi dengan algoritma kunci simetrik. Spesifikasi yang digunakan adalah 56-bit DES dalam mode cyclic block chaining(CBC), seperti ditunjukkan pada Gambar 8. Ada tiga tipe security association (SA) yaitu primary, static dan dynamic. Setiap subscriber station (SS) menentukan sebuah primary security association (SA) dengan base station (BS) selama proses inisialisasi. Static security association ditentukan oleh base station (BS), sedangkan dynamic security association ditentukan dan diselesaikan oleh setiap permulaan dan akhir layanan selama proses koneksi. Setiap subscriber station (SS) mempunyai nomor yang unik dan eklusif, tetapi semua tipe static dan dynamic dapat di-share dengan multiple subscriber station. Subscriber station (SS) bertanggung jawab untuk menanyakan kepada base station (BS) untuk substansi yang baru sebelum waktunya habis pada base station(BS). Protokol PKM juga bertanggung jawab terhadap sinkronisasi antara subscriber station (SS) dan base station (BS).

Gambar 8 Proses enkripsi data

Pada Gambar di atas, plaintext di-XOR-kan dengan blok chipertext kemudian di enkripsi, agar informasinya secure sehingga tidak mudah diketahui oleh orang lain yang tidak berhak.

2.8 Kunci Pemeliharaan Base Station (BS) dan Subscriber Station (SS)
Base station (BS) bertanggung jawab dalam pemeliharaan informasi untuk semua security
association (SA), sedangkan subscriber station (SS) bertanggung jawab untuk mendukung otorisasi dengan base station (BS) dan memelihara otorisasi kunci yang aktif. Setelah subscriber station (SS) menyelesaikan negoisasi, maka akan mengubah otorisasi dengan base station (BS). Awalnya base station (BS) menerima pesan dari subscriber station (SS) untuk mengaktifkan otoritas yang baru, kemudian base station (BS) mengirimkan jawaban atas pertanyaan subscriber station (SS). Authorization key (AK) akan aktif sampai waktu yang ditentukan berakhir sesuai dengan batas waktu authorization key (AK).

Apabila subscriber station (SS) mengalami kegagalan dalam melaksanakan otorisasi sebelum waktu authorization key (AK) berakhir, maka base station (BS) tidak dapat mengaktifkan authorization key (AK) untuk subscriber station (SS), dan subscriber station (SS) tidak diberi otorisasi. Base station (BS) akan menghapus semua traffic encryption (TEK) dengan otorisasi dari subscriber station (SS). Base station (BS) selalu menyiapkan authorization key (AK) ke subscriber station (SS) atas suatu permintaan. Base station (BS) akan mendukung dua aktivitas authorization key (AK) untuk setiap client subscriber station (SS). Authorization key (AK) mempunyai batas lifetime dan secara periodik akan di-refresh.

2.9 Metode Cryptography
Pertama kali didesain, protokol privacy key management (PKM) telah dirancang menggunakan X.509 sertifikasi digital dengan kunci publik RSA untuk enkripsi, subscriber station (SS) authentication dan pengubahan kunci otorisasi. Untuk enkripsi data digunakan data encryption standar (DES) dengan chiper block chaining (CBC) 56-bit untuk standar IEEE 802.16. Inisialisasi vektor chiper block chaining (CBC) tergantung dari jumlah frame dan perbedaan antar frame. Untuk mereduksi jumlah perhitungan intensif pemrosesan kunci publik selama operasi normal, maka pada proses enkripsi digunakan 3DES.

Protokol privacy key management (PKM) untuk otorisasinya menggunakan hashed message authentication code (HMAC). Kelebihan dari enkripsi menggunakan protokol privacy key management (PKM) adalah keduanya kokoh (robust) dan dibuat dalam bentuk yang standar serta dapat digunakan dalam platform yang berbeda (modular).

2.10 Implementasi
Sistem komunikasi perangkat IEEE 802.16 (WiMAX) agar aman, maka diperlukan tiga hal sebagai berikut :
1. Device authentication
Authentication berkaitan dengan metoda untuk menyatakan bahwa informasinya betul-betul asli, atau orang yang mengakses atau memberikan informasi adalah betul-betul orang yang dimaksud. Authentication yang digunakan adalah X.509. Digital passports dapat menjamin identifikasi perangkat IEEE 802.16 seperti wireless yang digunakan dalam access point.
2. Data confidentiality ( privacy)
Confidentiality atau privacy merupakan hal yang sangat penting untuk jaringan termasuk komunikasi wireless. Inti utama aspek confidentiality atau privacy adalah usaha untuk menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengakses. Confidentialy biasanya berhubungan dengan data yang diberikan ke pihak lain untuk keperluan tertentu, sedangkan privacy lebih ke arah data-data yang bersifat privat.
3. Data integrity
Keutuhan data mutlak diperlukan dalam suatu komunikasi wireless. Jaminan terhadap keutuhan data dapat dilakukan dengan digital signature atau fungsi hash.

Untuk menambahkan X.509 sertifikasi digital untuk authentication, security builder PKI toolkit dapat digunakan seperti berikut ini :
1. Generate RSA, ECC dan Diffie-Hellman (DH) private/public keys.
2. Generate certificate reguest (PKCS #10).
3. Sertifikasi parsing dan ekstraksi kunci publik.
4. Generate shared secret keys (AES, 3DES, RC2, RC4).
5. Securely transport shared secrets menggunakan RSA, Diffie-Hellman (DH), Elliptic-Curve Menezes Qu Vanstone (ECMQV) atau Elliptic-Curve Diffie-Hellman (ECDH),
6. Securely store privacy keys, local identity certificates, and trusted root certificates.
7. Verify code signature for firmware update (PKCS #7).

Untuk mencapai tingkat keamanan dan efisiensi yang tinggi, maka untuk teknologi WiMAX sebaiknya menggunakan seperti berikut ini :
1. 128 bit advanced encryption standard (AES) untuk kecepatan dan enkripsi simetrik untuk menjaga confidentiality,
2. HMAC-SHA-1 algoritma hash untuk kecepatan dan keutuhan data.
3. 256-bit ECMQV untuk kecepatan dan keamanan data, authentication dan transport menggunakan 128-bit AES.

Untuk pengamanan data teknologi WiMAX dapat digambarkan seperti Gambar 9. Pengamanan komunikasi wireless jalur lebar (broadband) dilakukan dari jaringan internal sampai dengan terkoneksi ke jaringan internet.

Gambar 9 Implemantasi sistem keamanan pada WiMAX standar

3. Penutup
3.1 Kesimpulan
Dari pembahasan di atas dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut :
1. Akhir-akhir ini teknologi wireless telah berkembang sangat pesat yang menyediakan hubungan telekomunikasi tanpa tergantung dari jaringan kabel menggunakan telepon atau TV kabel. Dengan adanya teknologi WirelessMANTM maka akan memberikan kemurahan dan kecepatan transfer data dengan akses internet jalur lebar (broadband).
2. Standar IEEE 802.16 memberikan kemudahan dalam akses internet untuk area metropolitan dengan menerapkan beberapa base station (BS) yang dapat meng-coverage jutaan subscriber station (SS).
3. Teknologi WiMAX merupakan salah satu solusi untuk dapat mengembangkan teknologi informasi dalam suatu kota atau pedesaan karena jangkauannya sampai jarak 50 km, sehingga memungkinkan untuk meng-coverage seluruhnya.
4. Meskipun tidak didesain untuk menggeser jaringan lokal (LAN), standar IEEE 802.16 menyediakan fitur untuk pengembangan 802.11, sehingga saling melengkapi.
5. Standar IEEE 802.16 menggunakan authentication subscriber station (SS) yang handal. Setiap subscriber station (SS) mempunyai sertifikat X.509 yang unik, handal dan dapat dipercaya ketangguhannya, karena layanan mempunyai kunci yang berbeda.

4. Daftar Pustaka

1) IEEE 802.16* and WiMAX, Broadband Wireless Access for Everyone, http://www.intel.com/ebusiness/pdf/intel/80216_wimax.pdf

2) Certicom Security for 802.16 / WiMAX Integrating Security for Ultra Wideband Equipment, http://www.certicom.com/download/aid85/certicom_WiMAXappnote.pdf

3) WiMAX The Critical Wireless Standard, http://www.eyeforwireless.com/wimax_report.pdf

4) Hayri, WiMAX : Koneksi Broadband Lewat Wireless, Majalah PC Media Edisi Juli 2004.

5) Paranhos. B, Security Implications in WirelessMANTM Technology (IEEE 802.16 Standard, http://www.giac.org/practical/GSEC/Bruno_Paranhos_ GSEC. pdf

6) Philipe. L, Dietrich. B, Christope. B, Laurence. F, WiMAX, Making Ubiquitous High Speed Data Services a Reality, http://www.alcatel.com/wimax_report.pdf

7) Rahardjo. B, Keamanan Sistem Informasi Berbasis Internet, PT Insan Komunikasi Indonesia, Bandung, 2001.

8) Stalling. W, Network and Internet Security, Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey, New York, 1995.

9) http://www.IlmuKomputer.com